Selembar Asa Dari Timur Indonesia


Selembar Asa Dari Timur Indonesia
Harapan dan Perjuangan yang Terus Tersemai

Di Penghujung tahun yang indah, dan di ambang pintu awal tahun yang baru - dengan penuh pengharapan dan tantangan, kami memulainya dengan menelisik lembab - basahnya udara pagi di Distrik Terek Subur, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua. Sebuah nama, sebuah cerita, mungkin itulah yang pertama kali tersemat di benak kami, bagaimana begitu banyak kisah dan makna kehidupan yang kami dapatkan di sini, di salah satu surga Bumi Pertiwi ini.


Di tempat, yang mungkin tidak banyak orang mengenalnya, layaknya tak seorangpun tahu keluasan alam semesta kita, kapan bermulanya, dan kapan akan menemui titik akhir masanya. Terek Subur ialah sebuah distrik yang berada di ujung timur Indonesia, yang secara geografis berbatasan darat dengan negara tetangga, Papua Nuginea. Di garis batas antar kedua negara itulah distrik ini berada. Jangan terbayangkan bahwa distrik ini adalah sebuah distrik yang sama dengan distrik-distrik di Jawa, yang biasa kita sebut dengan kecamatan, dan  membawahi beberapa desa serta dusun. Jauh dari itu semua, bahkan, seringkali kita terhanyut akan keadaan dan kondisi ketertinggalannya, di tengah hiruk pikuk pembangunan yang begitu gencar dan masif, di negeri tercinta kita ini.

Full Document, Silahkan Buka File Di Bawah Ini


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Murid Oemar Bakrie

Diberdayakan oleh Blogger.

About me


Dimas Prasetyo Nugroho

Seseorang yang tidak tahu apa-apa, hanya ingin terus belajar dan sedikit berkarya, semampunya.



Cari Blog Ini

Label

Labels

Pages

About

Blogroll

Popular Posts

Label

Recent Posts

Geography Education

  • Physical Geography.
  • Human Geography.
  • Geography Techniques.

Pages

Belajar Geografi

Substansi materi Geografi sangat luas, dengan mempelajarinya, memahami konteks keruangannya, semoga sedikit banyak memberikan kita bekal tentang persamaan sekaligus perbedaan ruang muka bumi sekitar kita, dan mendapatkan manfaat serta menjaganya dengan bijaksana.