Geomorfologi Kelautan Indonesia

Tatanan geologi kelautan Indonesia sangatlah kompleks, rumit, sekaligus menarik, namun inilah yang menjadikannya sebuah keunikan dalam bagian tatanan geologi kelautan dunia. Paling kurang terdapat tiga lempeng aktif yang berkontribusi dalam tatanan geologi dasar laut Indonesia, lempeng samudera pasifik, lempeng samudera hindia, lempeng benua australia, dan termasuk juga lempeng benua asia. Berangkat dari teori continental drift-nya Wegener (Alfred Wegener, 1912), yang dikembangkan dalam bukunya The Origin of Continents and Oceans (Terbitan 1915), menyatakan bahwa benua-benua yang sekarang ada, dulunya adalah sebuah bentang muka yang bergerak menjauh melepaskan benua-benua dari inti bumi seperti “bongkahan es” dari granit yang bermassa jenis rendah, yang mengambang di atas lautan basalt yang lebih padat. Kemudian disempurnakan oleh Hess (Harry Hess, 1962) dengan teori tektonik lempeng-nya, dimana di dalamnya mengungkapkan adanya Sea Floor Spreading (pemekaran tengah samudera), yang ditandai dengan kemunculan pematang tengah samudera (Mid Oceanic Ridge, MOR).

Gambar 1. Fisiografi Kelautan Indonesia. Sumber gambar (www.mgi.esdm.go.id)

Full Document, Silahkan Buka File Di Bawah ini
 
Share:

7 komentar:

  1. Informasi yang sangat bermanfaat 👍

    BalasHapus
  2. Bahan ajar menarik, thanks🙏

    BalasHapus
  3. Artikelnya membantu tugas kuliah

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah berbagi ilmunyaaa

    BalasHapus
  5. Keren. Baguss...wah jadi tahu bahwa kita banyak2 bersyukur masih diberi kesempatan hidup tinggal di pulau yang padahal sangat bisa terjadi bencana seperti gempa dan Tsunami. . Kalau misal bs di jelaskan dgn bahasa sehari-hari lebih santai ya bacanya. .Karena bahasa nya menurutku sangat baku jd membutuhkan waktu untuk memahami kalimatnya..makkum masyarakat awam..hihihihi..keren ditunggu lagi karya selanjutnya. .

    BalasHapus
  6. Artikel ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan, terutama di bidang geografi. Bisa menjadi referensi untuk memberi bahan ajar bagi anak. Mohon diperbanyak lagi membuat artikel berbobot seperti ini. Thanks. Sukses selalu

    BalasHapus

Murid Oemar Bakrie

Diberdayakan oleh Blogger.

About me


Dimas Prasetyo Nugroho

Seseorang yang tidak tahu apa-apa, hanya ingin terus belajar dan sedikit berkarya, semampunya.



Cari Blog Ini

Label

Labels

Pages

About

Blogroll

Popular Posts

Label

Recent Posts

Geography Education

  • Physical Geography.
  • Human Geography.
  • Geography Techniques.

Pages

Belajar Geografi

Substansi materi Geografi sangat luas, dengan mempelajarinya, memahami konteks keruangannya, semoga sedikit banyak memberikan kita bekal tentang persamaan sekaligus perbedaan ruang muka bumi sekitar kita, dan mendapatkan manfaat serta menjaganya dengan bijaksana.