Polusi Cahaya (Gelap yang Terlalu Terang)

Sadarkah kita apabila desain pancahayaan yang buruk akan memudarkan malam yang pekat?

Bagi sejumlah jenis kehidupan, malam yang gelap sangat dibutuhkan untuk menjalankan daur biologis mereka, mulai dari berpindah tempat, reproduksi, dan memberi makan keturunan.

Dunia tengah berubah. Dalam kecepatannya yang sangat tinggi, dan kita (manusia) memberikan pembenaran atas sesuatu yang telah diupayakan. Manusia mulai sadar bahwa aktivitas mereka di malam hari, dengan pendar cahaya artifisial yang sengaja mereka ciptakan—telah memberi dampak yang sangat buruk bagi spesies yang hidup di kegelapan malam.

Andaikan manusia mau dengan sukarela menerima kegelapan sebagai suatu hal yang alami, niscaya manusia akan mampu melakukan adaptasi yang luar biasa layaknya makhluk nokturnal lainnya. Manusia memang didesain untuk itu. Manusia memiliki kemampuan itu.

Andaikan manusia sungguh merasa nyaman dengan hanya diterangi cahaya bulan dan bintang-bintang, niscaya kita bakal mampu beraktivitas dalam kegelapan dengan gembira. Namun, masalahnya kita manusia adalah makhluk diurnal, makhluk siang, dengan mata tercipta untuk beradaptasi pada kehidupan di bawah siraman cahaya matahari.Walaupun, sebagian dari kita tidak menganggap dirinya sebagai makhluk diurnal.

Dan pada akhirnya, hanya fakta yang dapat menjelaskan tentang apa yang telah kita lakukan pada sang malam: kita telah merekayasa malam dengan mengisi cahaya ke dalamnya agar malam menerima diri kita.
Sumber gambar : unsplash.com 

Full Document, Silahkan Buka File Di Bawah Ini

Share:

2 komentar:

  1. Artikelnya bagus kakak..
    Ditunggu artikel lainnya. Manfaat bgt 😊

    BalasHapus

Murid Oemar Bakrie

Diberdayakan oleh Blogger.

About me


Dimas Prasetyo Nugroho

Seseorang yang tidak tahu apa-apa, hanya ingin terus belajar dan sedikit berkarya, semampunya.



Cari Blog Ini

Label

Labels

Pages

About

Blogroll

Popular Posts

Label

Recent Posts

Geography Education

  • Physical Geography.
  • Human Geography.
  • Geography Techniques.

Pages

Belajar Geografi

Substansi materi Geografi sangat luas, dengan mempelajarinya, memahami konteks keruangannya, semoga sedikit banyak memberikan kita bekal tentang persamaan sekaligus perbedaan ruang muka bumi sekitar kita, dan mendapatkan manfaat serta menjaganya dengan bijaksana.